Hindari Terlilit Utang di Usia Muda dengan Tips Keuangan Berikut

Author
Published April 27, 2022
Hindari Terlilit Utang di Usia Muda dengan Tips Keuangan Berikut
Keuangan

Usia dua puluhan bisa menjadi awal yang baik untuk membangun keuangan yang sehat. Anda dapat mencoba menggunakan uang secara efektif dan maksimal, dan tentu saja akan berguna untuk masa depan.

Agar tidak salah langkah, berikut beberapa tips keuangan yang bisa diterapkan di usia dua puluhan.

Hindari kartu kredit

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan uang adalah menghindari utang kartu kredit. Pastikan Anda memiliki uang sebelum mengajukan pinjaman.

Pinjam hanya yang dibutuhkan untuk pendidikan

Bahkan jika Anda perlu meminjam untuk membiayai pendidikan Anda, jangan mengambil lebih dari yang Anda butuhkan. Ingatlah bahwa semakin sedikit hutang, semakin baik.

Bayar tagihan tepat waktu

Semakin tua Anda, semakin Anda harus bertanggung jawab. Karena itu, Anda harus membayar semua tagihan tepat waktu.

Buka rekening tabungan

Temukan rekening tabungan yang dapat menawarkan pengembalian tinggi. Namun, pastikan untuk mengetahui apakah agensi tersebut valid dan terdaftar.

Buka rekening pensiun

Semakin cepat Anda menabung untuk masa pensiun, semakin baik Anda bisa hidup sesuai keinginan atau rencana Anda.

Belajar berinvestasi

Pelajari cara memanfaatkan dana untuk meningkatkan pengembalian Anda dan menggunakan dividen untuk keuntungan Anda. Ketika Anda memahami dasar-dasar investasi, Anda akan dapat membangun kesuksesan Anda dengan lebih baik dari waktu ke waktu.

Mengambil asuransi

Anda lebih mungkin untuk mendapatkan asuransi jiwa yang lebih baik ketika Anda masih muda dan sehat. Mencoba untuk mendapatkan asuransi jiwa hari ini mungkin cara yang lebih baik.

Kembangkan Keterampilan yang Dapat Dipasarkan

Pertimbangkan keterampilan yang dapat dikembangkan dan apa yang dibutuhkan. Dan juga perbanyak sertifikasi yang dapat memberi Anda pekerjaan yang baik tanpa harus melalui empat tahun pendidikan.

Pertimbangkan untuk mencari pekerjaan sampingan

Bisnis sampingan dapat membantu mendiversifikasi pendapatan Anda. Hal ini dapat menjadi solusi untuk menghadapi kondisi ekonomi yang berpotensi sulit.

Berikan kepada orang lain

Pembiayaan inklusif juga mencakup upaya membantu orang lain. Anda dapat menyumbangkannya untuk amal, sukarelawan, atau menghemat waktu, uang, atau tenaga. Bisa juga membuka peluang baru.

Mulai membangun jaringan

Selain mengembangkan keterampilan, juga penting dalam memasarkan pekerjaan di masa depan. Sekarang Anda dapat membangun hubungan yang dapat membantu nanti.

Tetaplan prioritas utama

Pikirkan tentang apa yang perlu diutamakan dan apa yang penting. Prioritaskan pengeluaran yang paling penting dahulu dan bagaimana uang itu akan digunakan.

Buat rencana dan  anggaran pengeluaran

Buat rencana keuangan. Rencanakan pengeluaran atau anggaran sesuai prioritas. Pahami arus kas sehingga Anda tahu berapa banyak uang yang masuk dan keluar.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads