Tol Terpanjang di RI Mulai Dibangun Akhir 2022, Begini Tahapannya

Author
Published April 27, 2022
Tol Terpanjang di RI Mulai Dibangun Akhir 2022, Begini Tahapannya
Jalan Tol

Pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dimulai akhir tahun ini. Jalan tol sepanjang sekitar 206 kilometer (km) ini diharapkan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

PT Jasa Marga (Persero), Business Development Manager, Tbk Agus Setiawan mengatakan, Perjanjian Pengusahaan Jalan (PPJT) baru saja ditandatangani. Saat ini, pembangunan jalan tol tersebut dalam tahap persiapan proyek rekayasa akhir.

"Saat ini prosesnya karena kontrak pengusahaan jalan tol baru saja ditandatangani. Saat ini masih dalam proses penyusunan final technical plan. Kami rencanakan awal 2023. Kemudian mungkin akhir 2022," katanya. dalam jumpa pers, Rabu (27/27)./4/2022).

Dikatakannya, masih banyak hal yang harus dipersiapkan untuk pembangunan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Sejalan dengan itu, pihaknya juga telah memulai pembicaraan dengan perbankan untuk mendapatkan pembiayaan.

"Masih banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap tahap pertama. Selain rencana teknis final, masih dalam proses. Tentu kami juga akan memulai diskusi dengan pihak perbankan untuk mendapatkan pembiayaan." dia berkata.

“Seperti teman-teman ketahui, 30% pembiayaan jalan tol berasal dari pemegang saham, 70% berasal dari pembiayaan yang diberikan oleh perbankan,” lanjutnya.

Dikatakannya, pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dilakukan secara bertahap. Hal ini akan membantu Jasa Marga fokus membangun dan mencari pembiayaan.

“Panjangnya 206 km tapi menurut PPJT dilaksanakan secara bertahap, ini penting kami informasikan karena fase ini pasti fokus konstruksi dan kami akan fokus dengan penyediaan pembiayaan, meski panjangnya 206 km sampai dengan Cilacap tapi tahap 1 itu sampai dengan Tasik," ujarnya.

Sumber: detik.com

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads